Rahasia Bahagia

Bagi Anda Pencari Kebahagiaan Sejati

Cara Mengatasi Cegukan……….

Posted by Siel pada 24 Juni 2009

Anda pasti pernah merasakan cegukan. Hal itu sangat mengganggu dan cukup menyebalkan. Mau tahu cara mengatasinya? Ini dia!

Cegukan disebabkan karena adanya gangguan di saluran pernapasan. Jika tidak diatasi, cegukan bisa berlangsung lama. Charles Osborne pria asal Amerika Serikat tercatat sebagai orang yang mengalami cegukan paling lama dalam Guinness World Records yaitu 68 tahun. Mau tahu cara mengatasinya?

Coba Anda lakukan beberapa tips berikut :

1 Saat cekugan makanlah gula satu sendok teh. Sebuah penelitian menyatakan metode ini dapat menghilangkan cegukan. Ulangi sampai 3 kali dalam waktu 2-3 menit jika cegukan tak juga hilang.

2. Jika cegukan tak juga hilang, Anda bisa coba minum satu gelas air secara perlahan untuk membuat saluran pernafasan kembali normal.

3. Makan roti dengan perlahan juga bisa mengatasi cegukan. Makan roti itu sedikit demi sedikit.

4. Ulangi langkah-langkah tadi jika cegukan tak juga bisa hilang.

Empat cara di atas adalah anjuran dari Detikcom.

Cara Alfonso:

Jika cara yang sering saya gunakan adalah: Tarik napas dalam-dalam, kemudian tahan. Jika cegukan muncul lagi, ulangi lagi sekitar 5-6 kali. Ga perlu makan apa-apa, gampang dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Cara Jet Li (di film apa saya lupa):

Bersandar di dinding di atas kasur dengan posisi kepala di bawah, kaki di atas. Tapi, cara ini cukup berisiko karena biasanya cegukan terjadi setelah makan. Kalau posisi kepala di bawah, apa yang akan terjadi?

Selamat mencoba!

(Alfonso)

Diambil dari : Detik

NB : Kebiasaan yang dilakukan oleh penulis bila mengalami cegukan adalah,  ambil nafas dalam2 lalu tahan, setelah itu minum air putih biasa beberapa tegukan. Bila masih belum sembuh ulangi lagi, biasanya 2 kali mencoba juga sudah sembuh. Ternyata banyak juga cara mengatasinya ya….., terserah anda mau mencoba yang mana, Selamat mencoba.

51 Tanggapan to “Cara Mengatasi Cegukan……….”

  1. Umar Puja Kesuma said

    Ayah saya malah cegukan setiap hari, mungkin sudah berlangsung lima tahun ini….hmmm..sepertinya menyiksa banget tapi mo gimana lagi berbagai upaya dah dilakukan tapi si ceguk gak mau hengkang juga. Pernah sih diperiksakan ke dokter spesialis dalam, katanya ada gangguan pada syaraf otak sehingga ceguk gak bisa dikontrol lagi.

    • Siel said

      ya memang bila terus berkelanjutan harus segera diperiksa ke dokter, sebab itu sudah bukan cegukan biasa tapi kelainan. Saya ikut mendoakan semoga diberi kesembuhan dari sang pencipta.

  2. johnson said

    thanks buat infonya ya

    • Siel said

      sama… samaaa……… ^^

      • ramdani said

        menurut saya cara menghilangkan cegukan yang paling manjur adalah 1 dengan cara menunduk sampai mendekati lutut dan tarik napas dengan hidung dan mulut bebeapa kali kulang selama 3/4 menit setelah itu berdiri lalurasakan karena hari ini saya cegukan selama 1 hari dan pernah coba resep yang ada di komputer tapi tidak manjur ramdani

  3. vera said

    baru saja saya tarik nafas dalam dan menahan bbeberapa saat dan cekukanku langsung ilangggg apuhhh bgt

  4. anggun said

    aku baru ajah cegukan waktu mau ngerjain tugas. aq dah hbs minum air ptih 1 botol. eh g brenti2. gnggu kerjaanku… akhirnya aq ikuti saran alfonso,, eh waktu nafas itu rasany ditenggorokan ad yg panas, tp ttep ajah tarik napas pelan2..alhamdulillah..aq udah g cegukan..insyaallah berhasil buat kita..drpd tiap mlm hrus pipis gara2 banyak minum air putih, kn mending qt tarik napas ajah dalam2..lalu keluarkan.. (asal yg dkeluarin bukan kentut looohhh)…heeeheheee

  5. Andrei said

    Alhamdulillah, saya sudah hampir 18jam mengalami cegukan, sudah minum air putih sebanyak2 nya, masih tetap saja, tetapi cuma dengan menahan beberapa saat cekukan ku langsung hilang, mantappp..
    mkasih ya.. 🙂

  6. heri catur prasetrya said

    ….lg mencoba tarik napas……dan……….lumayan meredaaaaaa………………ces pleng……………………….

  7. nurul said

    papi saya udah cegukan 3 hari…saya takut klo dia kelainan…tp saya agak sedikit ragu klo makan gula….
    karena papi saya diabetes…disuruh minum malah takut sering pipis ….gimana ya… 😦

  8. Roy said

    alhamdulillah barusan cegukan setelah baca blog ini cegukannya hilang

  9. mantab banget artikelnya..cegukan ane langsung ilang…makasi ya..

    Rgds,
    Nyoman
    http://www.bali2u.com

  10. Frank said

    Kalau pd manula gmn?

  11. anto aja said

    Alhamdulillah….. setelah saya mencoba menahan nafas beberapa saat,cegukan sy hilang….makasih infonya ya semoga barakah…amien.

  12. 2 hari sudah cegukan!!! sudah minum air putih hampir 5 liter..
    Udah nahan nafas… hanya sebentar berhenti…cegukan lagi!!!!
    Wesss.. mlm ndak bisa tidurrr,,, gara2 cegukan…..

  13. madjongke said

    Wah mantap infonya. Kalau saya pribadi pake cara minum sama yang kaya jetli

  14. siewah said

    ku dah coba semua tapi belm ada hasil.ada cara lain gak y?

  15. abdul gaffar said

    Alhamdulillah minum beberapa teguk air, cegukan hilang

  16. ikhwan mahfud ,lumajang said

    alhamdulilah….saya ceguken dari jam 11 siang sampai jam 10 malam,dg coba tips alfonso…dan alhamdulilah ceguken berhenti…trimaksh infonya

  17. Ardo said

    cara alfonso mantap jaya gan. pacar ane langsung sembuh cegukannya O.o
    thx gan ya

  18. solikhin said

    trims,atas informasinya,saya cegukkkan,dari jam 5 pagi -jam 4pagi cegukanku gk sembuh sembuh,aku minum air teh pait hangat sedikit demi sedikit.sampe abis,cegukanku langsung sirna

  19. saya mengalami cegukan berhari-hari ,berbagai cara saya lakukan tapi belum juga berhenti. setelah saya baca blog ini, saya mencoba menggunakan cara yang ke 3 yaitu makan roti perlahan-lahan, Alhamdulillah cegukan saya bisa hilang. semoga saja tidak kambuh lagi amien… terima kasih ya.. ini sangat membantu saya.

  20. sudah 3 hari aku cegukan gk hilang2 akhirnya setelah kubaca artikel ini kutarik napas dalam2 dn kutahan. akhirnya…….. hilang. makasih ya saranya

  21. hiantoro said

    mantap tahan napas dalam-dalam lngs sembuh cessss pleng..hahahahah

  22. bulemeyer said

    mantaaaapz

  23. Siel said

    maaf teman2 bila belum sempat terbalas…….. terima kasih buat yang sudah membaca, memperaktekkan, terasa manfaatnya jangan lupa bagi2 buat teman2 yang lain yaaa….. ^^ bagi yang belum sembuh boleh membaca lagi mungkin ada langkah yang terlewat atau terlupakan……… dan bila sudah lama tidak sembuh2 hati2lah mungkin ada penyebab lain…………… salam………. ^^

  24. bangjuki said

    makasih tipsnya berguna banget……

  25. saya sudah 6 hari cegukan, semua cara/tips sudah dilakukan, tapi belum hilang juga, mohon doanya semoga lekas sembuh, terima kasih

  26. Byan said

    Dari kemaren saya mengalami cegukan yg mengganggu sampai sampai semalam saya tidak bsa tdur. dan udh bingng harus kaya gimna? samp[ai skrng pun cegukan saya masih ada? tolong bantuannya

  27. darwinxie said

    Saya baru aja cegukan setengah jam. Udah minum banyak air tetap gak berhenti2.
    saya praktekkan cara Alfonso,, tapi masih blom bisa..
    ternyata lebih ampuh kalau tahan nafasnya di dalam air.
    Jadi masukkan wajah ke dalam air sambil ambil nafas panjang sebelumnya..
    niscaya ampuh..

  28. ririn said

    Memang cara minum perlahan2 itu manjur! Terima kasih. Papa saya akhirnya bisa tidur dengan tenang..

  29. ruben said

    Pusing……Dah dari kemarin nggak hilang niii cegukan

  30. Elidarni said

    Nice and thanks for you,,,

  31. gi mana sih kamu cara menghilang kan cekukan

  32. arzil said

    aku udah nahan nafas tapi kok masih aja cegukan ?
    tolong dong sarannya

  33. alhamdulillah bermanfaat banget mengatasi cegukan dengan cara menahan nafas sampai gakut baru keluarkan pelan pelan saya ulang hanya tiga kali langsung ilang padahal dah lama saya cegukan mulu….makasih banget dah buat blog ini yang membantu hal layak ramai dengan hal positif…semoga anda di berkahi oleh Allah SWT..salam kenal…

  34. uda di coba tipsnya tapi masih gak ngaruh ya

Tinggalkan komentar